Senin, 10 November 2014

AKHIRNYA MENEMUKAN GUDEG

      Akhir-akhir ini sambalbawang keranjingan gudeg. Sebagai orang Jogja, makanan itu memang bercita rasa "Jogja banget" alias manisnya enggak ketulungan--bagi orang luar Jogja. Kangen gudeg ternyata harus jauh dari sumbernya, dan urusannya menjadi tidak mudah jika itu di Balikpapan.

    Enggak mudah menemukan gudeg yang rasanya pas di lidah--wong Jogja. Ada tiga warung gudeg yang pernah saya sambangi di Kota Minyak itu. Warung pertama, gudegnya enggak manis. Oh.. tidaaak. “Ini gudeg apaan, kok dominan asin-gurih. Piye, sih, bikinnya.. Harusnya gudeg itu ..bla, bla, bla…,” begitu komentar kawan karib yang juga pernah mencicipi.

   Sambalbawang akhirnya sepakat sama dia. Ikut manggut-manggut, sembari memberi sedikit argumentasi, bahwa memang terjadi penyesuaian rasa gudeg di luar Jogja. Mau tak mau, ketimbang gudegnya tidak laku, atau hanya dibeli orang Jogja--dan sekitarnya. 

     Kondisi ini tak terelakaan mengingat komposisi warga Balikpapan yang orang Jawa-nya hanya seperempat jumlah penduduk. Itu pun mayoritas dari Jawa Timur. Separuh Jawa timur di arah timur, jelas tidak terbiasa mencicip manis yang "terlalu".  


    Argumentasi kedua--untuk menghibur diri--mungkin yang jual gudeg bukan orang Jogja. Kami yang wong Jogja ini, atau setidaknya nyaris seumur hidup tinggal di sana, mengenal betul cita rasa manis gudeg sejati. 
   
     "Level manisnya makanan di Jogja ini, lebih manis dari standar manis daerah lain di Indonesia," begitu kata Murdijati Gardjito, pakar makanan tradisional dari UGM, pernah menjelaskan, saat sambalbawang tanya, beberapa tahun lalu.

    Seberapa manis rasa gudeg, kalau mau digambarkan, sebanding dengan level pedas keripiknya Mbokde Maicih, oleh-oleh khas dari Bandung, Jawa Barat. Kalau keripik Maicih, pedas sempurna itu dipatok pada level 10. Demikian juga untuk gudeg, skala manisnya wajib level 10, atau setidaknya 9. Alamak.


     Kita tinggalkan warung pertama, dan beranjak ke warung gudeg kedua. Ini lebih tepat seperti warung nasi biasa, dan gudeg hanya salah satu menu, dan bukan menu utama. Secara khusus, warung kedua lebih mirip angkringan. Gudegnya ditaruh di sebuah panci alumunium. Kita akan diambilkan nasi setangkep sama si penjual, trus dituangin gudegnya. 

    Merasa ada yang kurang, mata segera celingak-celinguk ke segenap penjuru. Mencari kuah areh, item wajib dalam menu gudeg, karena tak tergantikan. Blaiiiik, bang bayiik, kok tidak nampak. Si penjual menjawab gini, "Gudeg ya nggak pakai areh..”  Gubrak... Lutut langsung gemetar, bergetar, tenggorokan tercekat. Oh Tuhan.
    
    Sejenak kemudian, barulah pengendalian diri mengambil kesadaran yang sempat "meregang". Dipikir-pikir, si penjual ya tidak salah. Menjual apa, kan ya suka-suka dia. Mana tau juga dia belum pernah mencicip gudeg di sumbernya.

     Mungkin pula dia belajar masak gudeg ya sudah salah. Okelah, jika demikian, apa boleh buat. Tapi sambalbawang kan tetap ngebet gudeg sejati. Gudeg yang disiram areh kuah santan kelapa yang kental, yang manisnya nyaris maksimal itu, hu-hu-hu.

     Beranjak ke warung ketiga, sebersit asa mulai menyeruak. Aha, syukurlah, gudegnya lumayan mewakili cita rasa Jogja. Lupakan sejenak tampilan dan wajah gudeg Wijilan Jogja, gudeg di warung ketiga ini, lumayan enak.
     
     Gudegnya mungkin hanya mencapai level 7 untuk rasa manis, namun secara tampilan dan komposisi, cukup pas. Hanya saja, tetap ada satu yang kurang, yakni kerupuk ndeso.

Kapan pulang Jogja (lagi) ya untuk maem gudeg... (hiks)..


catatan: 
    Dari salah satu warung, saya baca tentang sejarah gudeg. Salah satu varian cerita tentang asal muasal gudeg, sepertinya Kira-kira begini kisahnya. Konon, gudeg adalah masakan seorang istri yang bersuamikan pria Inggris. Nah karena bingung mau masak apa, si istri teringat resep turun-temurun keluarga. 

    Maka, memasaklah ia, dengan bahan utama nangka muda.
Tak disangka, sang suami suka masakannya. “Good, Dek,” kata si bule. Dalam bahasa Inggris, “Good” berarti “bagus” atawa “top markotop” dalam bahasa gaul kita. 

    Sedangkan “Dek” dalam bahasa Jawa berarti panggilan untuk adik. Atau dengan kata lain, “Dek” itu sama dengan sapaan “Dik”. Dan dari lontaran kata “Good, Dek” itulah maka lalu tercipta kata “Gudeg”. 


2 komentar:

  1. Dimana kang lokasi gudeg yg ketiga tadi? Tutup jam brpa ya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gudegnya sudah tutup, nampaknya, bro.. ada yg baru lagi,cukup sip. di Balikpapan regency. masuk mentook trus 1 km, lalu belok kiri. gudeg warung bundaqu

      Hapus