Selasa, 07 Juli 2015

CAMILAN JADUL (1)

        Lupakan sejenak soal bahaya vetsin (MSG), sakarin, dan zat pewarnanya yang di zaman sekarang terus dikumandangkan sebagai sesuatu yang membahayakan kesehatan. Hoho. Dulu, kisahnya lain. Sewaktu saya masih SD, enggak ada yang berpikiran gitu.
        Es limun yang warnanya seperti salah satu dari tiga warna lampu lalu-lintas, misalnya, segera saya seruput habis tanpa pikir panjang. Mie kering berbumbu gurih "level mampus", juga langsung masuk mulut tanpa pertanyaan ke penjualnya. Kembang gula yang berwarna-warni, cepat pula dieksekusi. Tak ketinggalan, serbuk rasa buah artifisial, pun, langsung tenggak habis.
       Begitulah masa kanak-kanak sambalbawang, yang termasuk anggota militan generasi 80-90'an. Masa yang menyenangkan meski terbalut sembrono untuk urusan higienitas pangan. Masa-masa indah, di mana menyempatkan sejumput waktu di sela-sela jam istirahat, untuk berlari ke pagar depan sekolah, hanya untuk berburu jajanan. Mengharukan.
      Aktivitas jajan kadang dilanjutkan sore hari, dengan menyambangi warung kelontong. Aneka camilan, pasti kami pernah beli. Bahkan demi camilan, order perintah dari ibu, akan saya laksanakan, secepatnya, hehe. Yang penting bisa jajan.
      Dulu, jajanan anak-anak terasa sangat berkesan. Masih teringat betapa Anak Mas yang rasa keju benar-benar membuat terpaku hingga butiran serbuk bumbu terakhir, Cokelat superman yang rasanya tak ada duanya. Sempat berpikir jika Superman itu riil, dia juga pasti suka coklat wafer ini. Lalu, adalagi Krip-krip yang gurihnya dasyat.


Mari melisting jajanan sambalbawang, dikhususkan yang bermerek resmi. Ini bisa untuk edisi camilan jadul part 1. Hahaha. Ada Anak Mas, Krip-krip, Cokelat Superman, permen Sarmento, permen Tic-tac, Chiki, Choki-choki, coklat koin, coklat Jago, permen karet Yosan,  snack Gulai Ayam, tablet jeruk Ciz-ciz, es krim Woody, snack Tic-tic, kwaci cap Gajah, permen siul, dan permen karet Lotte kemasan kotak kecil.
     Apa lagi ya. Sepertinya bisa mencantumkan permen rokok, permen karet Chiclets, permen Butternut Collins, permen t-drops, Menta, Nano-nano, permen Pindy Twist, wafer Khong Guan yang plastiknya bening, permen coklat (isi kacang) Bobo, kue koya Delima tawon, coklat serbuk cap Teko,
      Di jajaran minuman, ada cukup banyak opsi. Ada Gogo, Teh Kotak, Capri-Sonne, Mr Jussie, hingga susu cokelat Ultramikl. By the way, kalian masih ingat lagunya iklan minuman Mr Jussie? Hoho, sambalbawang masih ingat. Begini liriknya. "Halo, halo, salam jumpa teman baru... Mr Jussie, Mr Jussie, Mr.. Jussie. Dalam kemasan kotak, Mr Jussie mengandung sari buah asli. Kesukaan anak-anak, Mr Jussie...". Horeee.... Sruuput, sembari membayangkan kandungan vitamin C ini merasuk ke tubuh.

BACA JUGA
KOKORO NO TOMO
10 BREGADA KERATON YOGYAKARTA YANG KEREN
MAMMA MIA ! HERE WE GO AGAIN, ABBA AGAIN
TEH VS KOPI
PELUKAN (CERPEN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar