Kamis, 16 April 2015

TENTANG HONDA (2) DARI ASTREA 700 SAMPAI ASTREA 800

Bebek-bebek Honda pada angkatan keluarga besar C50 dan C70 memang menawan. Lelukan serba bundar, material dominan logam, dan mesinnya yang mungil dan membulat-sangat stylish. Tapi, setelah 20-an tahun “membundar” ria, Honda coba “mengotak”. Varian Asrea 700 adalah buktinya.

Dari sekian varian bebek Honda, sambalbawang cukup yakin Astrea 700 yang paling tidak ngetren. Apa mau dikata, doi memang seperti dikutuk untuk tidak termasuk motor klangenan. Alhasil, nampaknya memang tidak ada klub pecinta Honda khusus Astrera 700-motor yang sering juga disebut Super Cub ini. Iya kan? 

By the way, gimana sih wujud Astrea 700 yang menyambung era Pitung ini? Namanya aja seri awal, Astrea perdana ini jelas terlihat unsur coba-cobanya. Desain berubah banyak dari pendahulunya. Doi tampil kotak, dari batok lampu, spion, tebeng, lampu sein, sampai lampu belakang. Kecuali blok mesin yang masih menganut gaya C70, berikut pengapiannya masih memasang platina.

Penasaran lihat tampang Astrea? Ini nih fotonya, Ndoro. Sambalbawang comot dari internet. Makasih banget untuk yang sudah memajang foto ini. 


Barangkali, inilah bebek Honda pertama kali yang bodinya disapu cat warna hitam dan putih, menenami warna klasik sebelumnya: merah dan hijau. Elemen karet mulai banyak disematkan di sini, seperti pembungkus batang spion.

Dan, ini pertama kalinya, ada lampu sein tambahan di kanan-kiri tebeng depan. Dengan mesin yang kapasitasnya naik 10 CC dari para bebek C70-C80, mudah terbaca Astrea ini memang lebih powerful. Asyiknya pula, mesin cukup halus suaranya.

Sayang, kemunculan si benih Astrea di tahun 1981-1983 tidak mampu segemilang era C50, C70, bahkan C80. Jika ditarik ke kanan-kiri, saya rasa, itu tak lepas dari para kompetitor. Yamaha, dengan deretan bebek dua tak-nya, juga mulai mendongkrak dapur pacu. Bebek Kawasaki dua tak, juga ikut berebut kue, meski tidak bisa dibilang sukses.

Era Astrea 700 berbarengan dengan masa jaya motor cowok Honda yang kita kenal sebagai generasi CB. Saat itu pula, Vespa meliirik pasar dan meninggalkan varian Sprint-nya yang bertahan sangat lama (1968-1979). Vespa mengeluarkan varian Exclusive. berbekal mesin 150 CC, yang langsung laris manis.

Karena itulah, barangkali, Honda hanya mengedarkan Astrea 700 selama tiga tahun. Melihat jumlah populasi di jalanan pun, kita cukup paham jika varian Honda yang satu ini tidak terlalu sukses, walau juga tak bisa dicap gagal total. Secara fenomena, kemunculan perdananya memang menggemparkan. Maklum varian pitung kan kelamaan beredar. Khalayak ramai butuh model bebek anyar yang fresh.

Keluarlah si Astrea 700 ini, yang jenis pertamanya berkelir hitam dan merah. Dulu, saya yakin, doi sempat ngetop, tapi era tahun 2000-an, makluk ini sudah mulai langka terlihat di jalanan. Seorang kawan bahkan menggeletakkan begitu saja SuperCub-nya di garasi rumah. 

Pernah hadir SuperCub Astrea 700 ini di keluarga saya. Tapi, ya tidak terlalu terkesan meski jelas terbukti doi motor harian yang cukup mumpuni dan irit bensin. Desain lampu, sein, lampu belakang, semuanya kaku. Semakin kurang serasi dengan desain knalpot yang canggung antara mempertahankan model cerutu atau mulai membazoka. 

Tapi, secara mesin, Astrea 700 termasuk kategori lumayan. Mesinnya terkenal bandel, tahan banting. Meski demikian, motor ini tidak istimewa. Meski, perlu juga dicermati bahwa motor ini termasuk varian bebek Honda pertama yang mulai digandrungi remaja untuk di...permak, dimodifikasi.

Kalau tidak percaya, bisa dicermati film-film di era 80-an yang berlatar belakang anak-anak SMA. Jika ada adegan menampilkan suasana parkiran motor, atau kendaraan, agaknya Astrea 700 kemungkinan besar terlihat walau sekelebat. Contohnya film ACI, Aku Cinta Indonesia. Ada bu guru yang makai motor itu lho. Hahaha.

Wokeh. Lanjut cerita. Era 700 ini langsung disegel habis Honda dan diganti model baru yang kita kenal sebagai Astrea 800, pada tahun 1983/1984. Inilah pertama kali Astrea dikenalkan dan terbukti langgeng sampai varian Astrea terakhir pada tahun 1999. Ada apa dengan Astrea 800 yang mengusung mesin 86 cc ini, kok begitu terkenal.


Saya mencoba menganalisis sendiri, ah.  Jadi, Astrea 800 pada waktu itu, adalah desain tercantik dari para bebek yang ada. Pengapian sudah menganut CDI, bentuk mengotak tapi tidak sekaku kakaknya. Satu lagi, mesin 86 CC si Astrea ini, bener-bener bandel, dan haluuus. Boleh saya bertaruh, inilah varian Honda yang paling halus suara mesinnya (jika motor dalam kondisi terawat).

Pada Astrea 800 inilah, posisi kunci starter pertama kalinya disematkan di posisi patennya yang bertahan hingga kini. Yup di sisi kanan, bawah setang kanan. Perlu dicatat pula, inilah motor Honda pertama yang lampu belakangnya mengotak tiga sudut. Juga, dilindungi dengan “teralis”, meskipun nampak agak wagu.

Astrea 800 inilah generasi bebek Honda pertama yang wajah setangnya berukuran lebar. Agak syok juga sih mengingat bebek sebelumnya pada mungil. Tapi karena ukuran wajah setang yang lebar itulah, melihat panel instrumennya pun jadi lega. Kalau tidak salah, ada panel penunjuk kondisi oli mesinnya. Cukup hore pada zaman itu.

Kelemahan atau kekurangan Astrea 800, barangkali pada desain kepala yang kegedean. Rada kontras dengan bodi yang masih tergolong mungil dan ban depan belakang yang masih mengadopsi ukuran 2.25 dan 2.50. Haha. Satu lagi kejanggalan, tiang spionnya nggak modis, kepanjangan.

Tapi eniwei, inilah cikal bakal keluarga besar Astrea yang akan merajai aspal jalanan hingga tahun 2000. Astrea 800 jadi embrio desain keluarga besar Astrea yang nantinya menuai sukses. Gempuran Suzuki yang membawa armada RC-nya, disusul Yamaha yang mulai ancang-ancang mengeluarkan varian perdana Alfa, membuat Honda memang harus merevisi tampilan dan performa Astrea 800. 

Astrea 800 yang dibikin terakhir tahun 1986, menandai era terakhir Honda memasang konsep tiga percepatan pada bebek-bebeknya. Inilah menariknya. Jujur saja, Astrea yang ini termasuk varian bebek Honda idaman. Suatu saat ingin sambalbawang miliki, dan kendarai naik-turun bukit di Kota Balikpapan.

Tidak untuk menjadikannya motor harian. Hanya, sekadar pengingat dan menuntaskan rasa penasaran pada keunikannya. Karena, saya yakin, pada Astrea 800 inilah, Honda dikenal pertama kalinya sebagai pabrikan yang jago menghasilkan bebek-bebek raja tanjakan.

Salam wek-wek..


BACA JUGA  :  TENTANG HONDA (3) INILAH STAR'S FAMILY (ASTREA STAR)
BACA JUGA  :  TENTANG HONDA (1) DARI HONDA PISPOT SAMPAI UNYIL
BACA JUGA  :  SUPRA GTR 150 SI BEBEK (RASA) SPORT
BACA JUGA  :  BANYAK MOTOR SEDIKIT MEREK, SEDIKIT MOBIL BANYAK MEREK
BACA JUGA :   NASIBMU SUZUKI
BACA JUGA  :  SUZUKI NEX LINCAH IRIT KALEM
BACA JUGA  :  MOTOR-MOTOR OKE YANG JEBLOK DI PASARAN
BACA JUGA  :  7 MOTOR BEBEK TERBAIK SEPANJANG MASA
BACA JUGA  : LILAC, SEPENGGAL CERITA TENTANG PASSION BERMUSIK
BACA JUGA  :  avanza vs wuling vs xpander
BACA JUGA  :  LEBIH BAIK NAIK VESPA
BACA JUGA  :  24 FINALIS DUTA WISATA BALIKPAPAN 2017 PAKAI BAJU SAMANTHA
BACA JUGA  :  TENTANG HONDA TIGER
BACA JUGA  :  FORD LASER SONIC - BALADA FORDI (2)
BACA JUGA  :  TENTANG HONDA TIGER
BACA JUGA  :  AKU DI BELAKANGMU, TIGER WONG
BACA JUGA  :  THE SAMANTHA
BACA JUGA  :  HORE IKUT LELANG HAPE JADUL
BACA JUGA  :  MUSIK ZAMAN DAHULU VS ZAMAN NOW, MANA YANG BERKUALITAS?
BACA JUGA  :  "MAMA" by PAULINA, PROYEK LAGU PERTAMA

*semua foto diambil dari internet

9 komentar:

  1. jika di indonesia namanya Astrea 800.. tetapi.. jika di malaysia.. Namanya udah jadi FAME. di malaysia juga sudah jadi krenn.. kerana mesin ini bisa lagi di bawa untuk ke acara RETRO bike... jika ingin melihat lebih banyak lagi gambarnya... sela ke FB Honda Fame Rider Malaysia..

    BalasHapus
  2. Saya ada honda 800 sya buat trail al ahsill.. kerenn bgt wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut, masbro.. dinanti ulasannya yaks.. makasii. salam dari kami di Balikpapan

      Hapus
  3. Saya ada honda 800 sya buat trail al ahsill.. kerenn bgt wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Saya br aja dapat warna mewah tahun 85. Mulus udh restorasi.
    Orgya butuh dana br saja kesusahan trs anak juga mau masuk sekolah.

    BalasHapus
  5. Saya punya tapi yg 7oo.. sayangnya ngak kerawat...

    BalasHapus